|
PP dan CGP A8 Aceh Selatan Ibu Manzariyah |
Kegiatan Pendidikan Program Guru Penggerak adalah Pendampingan Individu (PI-1) oleh Pengajar Praktik masing-masing. Kegiatan PI-1 dilaksanakan langsung lokasi sekolah masing-masing setelah menyelesaikan modul 1 yang dilaksanakan secara daring selama kurang lebih 1 bulan lamanya.
Dalam kegiatan pendampingan individu tersebut pengajar praktik berkunjung ke sekolah masing-masing CGP bimbingannya dan bertemu kepala sekolah serta berbincang-bincang tentang CGP disekolah tersebut. Pada PI-1 ini bertemakan tentang Refleksi awal kompetensi guru penggerak sedangkan fokus pendampingannya diantaranya adalah Diskusi tantangan belajar daring, Refleksi penerapan perubahan kelas sesuai pemikiran Ki Hajar Dewantara, Diskusi pembuatan kerangka portofolio, Diskusi peta posisi diri dan rencana pengembangan diri dalam dalam kompetensi guru penggerak bersama bapak Fasilitator Sibagus (Fasil)
|
PP dan CGP A8 Aceh Selatan Bapak Masrijal |
Tujuan Pendampingan ini adalah untuk mengapresiasi pencapaian dan upaya implementasi yang sudah dilakukan Calon Guru sesuai dengan form wawancara PP di LMS yaitu Penggerak, memotivasi, mendiskusikan bersama solusi untuk tantangan dan kendala yang dihadapi, serta membantu Calon Guru Penggerak menemukan pembelajaran-pembelajaran dalam setiap prosesnya; dan memberikan umpan balik saat melakukan coaching.
|
PP dan CGP A8 Aceh Selatan Bapak Yusrizal
|
Saya selaku PP ditugaskan melakukan Pendampingan terhadap 6 (enam) CGP Angkatan 8 Aceh selatan yaitu bapak yusrizal SD Negeri 3 Tarok Meukek, Ibu Wilda SMA Insan Madani Meukek, Ibu Fenny Guru SMK 1 Meukek, Bapak Masrijal SMP Negeri 3 Sawang, Ibu Manzariyah SMP Negeri 3 Aceh Selatan dan Ibu Elrita Guru SMA Negeri 1 Pasie Raja.
|
PP A4 dan PP A8 untuk PI-1 Ibu Wilda |
Dalam pendampingan tersebut, pengajar praktik mewawancarai para CGP sesuai dengan Instrumen yang tersedia. Diantaranya: apa saja proses yang sudah berjalan selama satu bulan terakhir dan apa yang telah dilakukan sebagai capaian selama satu bulan tersebut, Setelah melakukan pembelajaran daring selama 1 bulan bersama fasilitator, bagaimana harapan dan kekhawatiran Bapak/ Ibu saat ini?, Apa saja harapan-harapan yang sudah terwujud setelah pembelajaran 1 bulan ini? Adakah harapan baru yang Bapak/ Ibu, Bagaimana dukungan yang diberikan oleh kepala sekolah dan rekan guru selama Bapak/ Ibu melakukan pembelajaran daring? Berdasarkan pembelajaran mengenai filosofi pendidikan yang sudah Bapak/ Ibu pelajari, apa perubahan yang dilakukan Bapak/Ibu di ruang kelas agar selaras dengan pemikiran Ki Hadjar Dewantara? Kompetensi apa saja yang sudah baik, dan mana yang belum baik, setelah mendaptakn umpan balik apakah ada perubahan, apa saja yang sudah berubah, dan lain sebagainya.
|
PP dan CGP A8 Aceh Selatan Ibu Fenny |
|
PP dan CGP A8 Aceh Selatan Ibu Elrita
|
Setelah CGP mendapat pendampingan individu maka berikutnya akan melaksanakan lokakarya 1 secara luring, dibuat kelas dengan komposisi 3 pengajar praktik dan 20 calon guru penggerak. Setiap Pengajar Praktik ada yang 7 dan ada yang 6 CGP dalam pendampingannya. Tugas dari pengajar praktik adalah a) Melakukan pendampingan individu; b) Memfasilitasi lokakarya pada setiap bulan; c) Mengevaluasi, menilai, dan memberi umpan balik calon guru penggerak; d) Membuat laporan capaian perkembangan calon guru penggerak; e) Memfasilitasi proses refleksi dan rencana tindak lanjut. Dalam menjalankan tugasnya selalu dilaksanakan luring atau tatap muka. Dengan tugas pengajar praktik tersebut, diharapkan mampu memberikan motivasi dan kesadaran kepada CGP bahwa Guru penggerak bukan sekadar syarat kenaikan karier dan jabatan, guru penggerak sebenarnya guru yang konsisten berikhtiar menciptakan perubahan dan budaya positif di lingkungan sekolahnya, lebih jauh lagi lingkungan komunitas, masyarakat, bahkan Negara demi tercapai tujuan pendidikan dan mewujudkan siswa berkarakter.
Posting Komentar